Rudi Alfianda Mahasiswa Prodi HPI STAIN Meulaboh Ikuti Sekolah Lapang Hilal

Meulaboh, 09/07/2024 – Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sukses menyelenggarakan kegiatan Sekolah Lapang Hilal pada tanggal 9 – 10 Juli 2024. Kegiatan ini diikuti oleh Rudi Alfianda, mahasiswa Prodi Hukum Pidana Islam (HPI) STAIN Meulaboh, bersama dengan Raymond Taya, mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah.

Kegiatan ini juga didampingi oleh dosen-dosen dari Jurusan Syariah Ekonomi Islam (JSEI) STAIN Meulaboh, yaitu Edwar Ibrahim, MA, Dosen Prodi Hukum Ekonomi Syariah, dan Budi Handoyo, MH, Dosen Prodi Hukum Tatanegara Islam.

Sekolah Lapang Hilal bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengamatan hilal, yang merupakan aspek penting dalam penentuan awal bulan dalam kalender Hijriyah. Peserta mendapatkan pelatihan langsung dari para ahli BMKG dan berkesempatan untuk melakukan observasi hilal menggunakan peralatan canggih.

Benny Erick, S.H.I., M.S.I., Ketua Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI) STAIN Meulaboh, menyampaikan harapannya terkait partisipasi mahasiswanya dalam kegiatan ini. “Kami berharap dengan keikutsertaan dalam Sekolah Lapang Hilal ini, Rudi Alfianda dan mahasiswa lainnya dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam bidang ilmu falak. Pengetahuan ini sangat penting tidak hanya untuk pengembangan akademis mereka, tetapi juga untuk penerapan praktis dalam kehidupan beragama, terutama dalam penentuan awal bulan Hijriyah.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *