Mahasiswa Prodi HPI STAIN Meulaboh Laksanakan PPL di Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue Nagan Raya

Meulaboh, 10/07/2024 – Mahasiswa Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI) STAIN Meulaboh telah memulai Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Mahkamah Syariah (MS) Suka Makmue, Nagan Raya. Kegiatan PPL ini berlangsung selama 40 hari, mulai dari tanggal 10 Juli hingga 4 September 2024. PPL ini merupakan bagian integral dari kurikulum HPI yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam dunia hukum syariah.

Ketua Program Studi HPI, Benny Erick, S.H.I, M.S.I., menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa yang mengikuti PPL. “Kami berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman mereka dalam praktik hukum syariah secara langsung,” ujar Benny Erick.

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian integral dari kurikulum Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI) STAIN Meulaboh yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam dunia hukum syariah. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, mengembangkan keterampilan profesional, serta memperoleh pemahaman mendalam tentang praktik hukum syariah di lapangan. Dengan melibatkan mahasiswa dalam berbagai aktivitas pengadilan, PPL ini berperan penting dalam mempersiapkan mereka menjadi praktisi hukum yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

“Dengan adanya PPL ini, kami juga berharap mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan profesional mereka, termasuk kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, dan menyelesaikan masalah secara efektif. Pengalaman ini sangat penting untuk mempersiapkan mereka menjadi praktisi hukum yang kompeten di masa depan,” tambah Benny Erick. Selama 40 hari ke depan, mahasiswa HPI STAIN Meulaboh akan berusaha memberikan kontribusi nyata dalam mendukung kinerja Mahkamah Syariah Suka Makmue. Diharapkan, PPL ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi Mahkamah Syariah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *