Sekprodi HPI STAIN Meulaboh Paparkan Pentingnya Peran OKP/Ormas Aceh Barat dalam Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Meulaboh, 09/06/2024 – Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang diinisiasi oleh Senator Prof. Dr. H. Abdullah Puteh, M.Si, Wakil Ketua Komite II DPD RI, berlangsung sukses di Aula PKK Aceh Barat pada tanggal 8 Juni 2024. Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. H. Abdullah Puteh, M.Si dan dihadiri oleh perwakilan Bupati Aceh Barat, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Kesbangpol Aceh Barat. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP), Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), serta komunitas-komunitas di Aceh Barat.

Sumardi Efendi, S.H.I., M.Ag, Sekretaris Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, menjadi salah satu pemateri utama. Dalam paparannya, Sumardi menekankan pentingnya peran aktif OKP dan Ormas dalam menjaga dan menguatkan nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat Aceh Barat. “OKP dan Ormas memiliki peran strategis dalam menyosialisasikan dan mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, yang menjadi fondasi utama kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Sumardi.

Desi Jumaidir, S.Pd., M.Si, Ketua PD Al Washliyah Aceh Barat, juga tampil sebagai pemateri dan menyampaikan materi tentang peran 4 pilar kebangsaan dalam membangun semangat cinta tanah air. Beliau menekankan bahwa kolaborasi dan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat sangat penting dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan bangsa.

Prof. Dr. H. Abdullah Puteh, M.Si dalam sambutannya saat membuka acara menegaskan pentingnya kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya memperkokoh fondasi kebangsaan di tingkat lokal. “Dengan memahami dan mengamalkan 4 Pilar Kebangsaan, kita dapat membangun masyarakat yang lebih harmonis, adil, dan sejahtera,” katanya.

Kepala Kesbangpol Aceh Barat, yang mewakili Bupati Aceh Barat, juga memberikan sambutan dalam acara tersebut. Beliau menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, serta berharap agar OKP dan Ormas dapat terus berperan aktif dalam menjaga dan menguatkan nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya 4 Pilar Kebangsaan, serta mendorong partisipasi aktif OKP dan Ormas dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan bangsa. Acara yang berlangsung dengan penuh antusiasme ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif antara peserta dan pemateri, yang semakin memperkaya pemahaman dan komitmen bersama dalam mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *