Sekprodi HPI Isi Materi di Sosialisasi Moderasi Beragama Angkatan I Bagi Ormawa STAIN Meulaboh

Meulaboh, 28/05/2024 – Sekretaris Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI), Sumardi Efendi, M.Ag, menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama Angkatan I bagi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang diselenggarakan oleh Rumah Moderasi Beragama (RMB) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, 28 Mei 2024, di Gedung Pendidikan Terintegrasi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. H. Abi Syamsuar, M.Ag. Dalam sambutannya, Dr. Abi Syamsuar menekankan pentingnya moderasi beragama sebagai landasan utama dalam menciptakan lingkungan kampus yang harmonis dan inklusif. “Mahasiswa harus menjadi teladan dalam menerapkan moderasi beragama untuk menjaga kerukunan dan kedamaian di kampus,” ujarnya.

Sumardi Efendi, M.Ag, yang juga merupakan alumni penggerak moderasi beragama BDK Aceh Tahun 2023, menyampaikan materi yang menekankan pada implementasi moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa. “Moderasi beragama bukan hanya konsep, tetapi harus diwujudkan dalam tindakan nyata yang mencerminkan toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan,” jelasnya.

Selain Sumardi Efendi, acara ini juga menghadirkan narasumber lainnya yaitu Ketua RMB STAIN Meulaboh, Dr. Anton Jamal, MA, yang membahas pentingnya moderasi beragama dalam konteks akademik dan sosial. Kasubbag Tata Usaha Kemenag Aceh Barat, Tgk. Khairul Azhar, MA, memberikan pandangan konsep moderasi beragama kususnya di kalangan mahasiswa. Ramli, M.Ag, alumni penggerak moderasi beragama BDK Aceh Tahun 2023, turut berbagi pengalaman mengenai penerapan moderasi beragama di masyarakat.

Peserta kegiatan ini terdiri dari perwakilan berbagai organisasi mahasiswa di lingkungan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, termasuk Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), Senat Mahasiswa (Sema), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Himpunan Pemuda Meulaboh (HPM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Unit Kegiatan Khusus (UKK). Mereka diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama di kampus dan masyarakat luas.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari komitmen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh untuk meningkatkan pemahaman dan praktik moderasi beragama di kalangan mahasiswa. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para peserta dapat lebih memahami konsep moderasi beragama dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercipta lingkungan kampus yang lebih damai, toleran, dan inklusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *