Dr. Husamuddin MZ, MA Dosen Prodi HPI Isi Kajian Rutin di Mushalla Al Muhsinin Gampong Drien Rampak Tentang Problematika Wakaf

Meulaboh, 28/05/2024 – Dr. Husamuddin MZ, MA Dosen Prodi HPI, menyampaikan kajian rutin di Mushalla Al Muhsinin, Gampong Drien Rampak. Kajian kali ini mengangkat tema penting seputar problematika wakaf, sebuah isu yang relevan dan memiliki dampak signifikan bagi masyarakat.

Dalam kajian tersebut, Dr. Husamuddin menjelaskan berbagai permasalahan yang kerap muncul dalam pengelolaan wakaf, baik dari segi hukum, administrasi, maupun pelaksanaan di lapangan. Beliau menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam tentang konsep wakaf serta penerapannya yang tepat sesuai dengan hukum syariah.

“Wakaf merupakan instrumen penting dalam Islam yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat jika dikelola dengan baik. Namun, sering kali terjadi kesalahpahaman dan kekeliruan dalam pelaksanaannya, yang justru menghambat tujuan utama dari wakaf itu sendiri,” ujar Dr. Husamuddin di hadapan jamaah yang hadir.

Beliau juga memberikan beberapa solusi praktis untuk mengatasi problematika wakaf, seperti meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para nazhir (pengelola wakaf), memperbaiki sistem administrasi wakaf, serta melibatkan teknologi dalam pengelolaan wakaf agar lebih transparan dan akuntabel.

Selain itu, Dr. Husamuddin menyoroti pentingnya peran serta masyarakat dalam mendukung dan mengawasi pengelolaan wakaf. “Masyarakat harus aktif berpartisipasi dan mengawasi proses pengelolaan wakaf agar tetap berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan memberikan manfaat yang maksimal bagi umat,” tambahnya.

Kajian ini mendapat respon positif dari para jamaah yang hadir. Mereka mengapresiasi materi yang disampaikan oleh Dr. Husamuddin yang dinilai sangat informatif dan relevan dengan kondisi saat ini. Banyak di antara jamaah yang mengajukan pertanyaan serta berdiskusi langsung dengan beliau, menunjukkan antusiasme dan kepedulian terhadap isu wakaf.

Dengan adanya kajian rutin seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya wakaf serta cara pengelolaannya yang baik dan benar. Mushalla Al Muhsinin Gampong Drien Rampak berkomitmen untuk terus mengadakan kajian-kajian yang bermanfaat bagi jamaahnya dan masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *